Jumat, 30 September 2011

Manusia dan Kebudayaan


MANUSIA DAN KEBUDAYAAN
1.       Pengertian Kebudayaan
kebudayaan adalah sesuatu yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak.

2.       Pengertian Manusia
Manusia atau orang dapat diartikan berbeda-beda menurut biologis, rohani, dan istilah kebudayaan, atau secara campuran. Secara biologis, manusia diklasifikasikan sebagai Homo sapiens (Bahasa Latin untuk manusia), sebuah spesies primata dari golongan mamalia yang dilengkapi otak berkemampuan tinggi. Dalam hal kerohanian, mereka dijelaskan menggunakan konsep jiwa yang bervariasi di mana, dalam agama, dimengerti dalam hubungannya dengan kekuatan ketuhanan atau makhluk hidup; dalam mitos, mereka juga seringkali dibandingkan dengan ras lain.
Kebudayaan di antara masyarakat
Sebuah kebudayaan besar biasanya memiliki sub-kebudayaan (atau biasa disebut sub-kultur), yaitu sebuah kebudayaan yang memiliki sedikit perbedaan dalam hal perilaku dan kepercayaan dari kebudayaan induknya. Munculnya sub-kultur disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya karena perbedaan umur,ras, etnisitas  kelas, agama, pekerjaan, pandangan politikdan Gender
Ada beberapa cara yang dilakukan masyarakat ketika berhadapan dengan imigran dan kebudayaan yang berbeda dengan kebudayaan asli. Cara yang dipilih masyarakat tergantung pada seberapa besar perbedaan kebudayaan induk dengan kebudayaan minoritas, seberapa banyak imigran yang datang, watak dari penduduk asli, keefektifan dan keintensifan komunikasi antar budaya, dan tipe pemerintahan yang berkuasa.
  • Monokultularisme: Pemerintah mengusahakan terjadinya Asimilasi kebudayaan sehingga masyarakat yang berbeda kebudayaan menjadi satu dan saling bekerja sama.
  • Leitkultur (kebudayaan inti): Sebuah model yang dikembangkan oleh Bassam Tibi di Jerman. Dalam Leitkultur, kelompok minoritas dapat menjaga dan mengembangkan kebudayaannya sendiri, tanpa bertentangan dengan kebudayaan induk yang ada dalam masyarakat asli.
  • Melting Pot: Kebudayaan imigran/asing berbaur dan bergabung dengan kebudayaan asli tanpa campur tangan pemerintah.
  • Multikultularisme: Sebuah kebijakan yang mengharuskan imigran dan kelompok minoritas untuk menjaga kebudayaan mereka masing-masing dan berinteraksi secara damai dengan kebudayaan induk.

Dengan kata lain, manusia dan kebudayaan erat hubungannya dan tidak dapat dipisahkan, kebudayaan terbentuk dari kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan manusia secara terus-menerus sehingga membentuk kebudayaan. Kebudayaan juga bisa menjadi ciri khas manusia. Setiap orang berbeda-beda suku,ras,agama, warna kulit dan lain-lain tentu saja akan berbeda pula budayanya.
Indonesia sebagai bangsa timur tentu memiliki kebudayaan yang berbeda dengan bangsa Barat. Indonesia dikenal sebagai Negara kaya akan budaya dan ramah terhadap Negara lain. Meskipun akhir-akhir ini budaya bangsa timur lebih banyak dipengaruhi oleh bangsa barat tetapi hal itu jangan membuat kita menyerah untuk tetap mempertahankan kebudayaan Indonesia. Karena nenek moyang kita sudah ratusan tahun membentuk kebudayaan dengan sedemikian rupa, janganlah kita hilangkan begitu saja.
Dibawah ini saya sedikit berbagi gambar-gambar yang merupakan ciri dari kebudayaan kita



Tidak ada komentar:

Posting Komentar